Tuesday, September 27, 2011

Aku dan Lensamu...

Bismillahirrahmanirrahiim....

Selena Lestari namanya, seorang wanita yang kini tepat dihadapanku mencari kamera miliknya...
tangannya agak gemetar, matanya merah dan menetaskan air mata. tapi tak bersuara.
aku tahu saat ini ia sedang sedih sedalam-dalamnya.

kamar 4x4 meter ini berantakan. semua barang dikeluarkannya. dan aku hanya terdiam di sisi pintu kamar ini. dibongkarnya lemari baju hingga seluruh bajunya berantakan dan berhamburan. tak peduli ia bagaimana akan membersihkannya kelak. tiap sudut berantakan.

ia keluar kamar, berjalan dengan tergesa-gesa dan mengetuk seluruh kamar, bertanya. 80 kamar di asrama putri ini akan dihampirinya satu per satu dengan lesu.

dan aku merasa bersalah. sangat bersalah. bukan karena tidak membantunya mencari kamera DSLR yang baru dibelinya. bukan karena aku tidak sanggup menemukannya. tapi karena aku tahu kamera itu dimana, karena aku yang menyimpannya....

ya...kemarin ketika aku hendak mengambil data proposal milik kami aku tidak sengaja menyenggolnya. hingga beberapa keping tercecer, menyentuh lantai.
bagi kami, mahasiswi jurusan jurnalistik, kamera sangat penting untuk menunjang perkuliahan kami. terlebih kamera DSLR harganya terbilang mahal. dan aku...belum sanggup menggantinya.

aku tertunduk lesu. memandangi bagaimana kami telah lama bersatu dalam asrama ini. dua tahun sudah kami menjalin cerita. namun, mengapa lensamu membuatku begitu pilu. pilu karena saat kau bertanya dimana. aku memalingkan muka dan menjawab dengan mudahnya "Tidak tahu"

Wanita itu terlalu lembut untuk disakiti, ia terlalu baik untuk dibenci. Lena, begitu ia akrab disapa. memegang erat ponselnya saat ini.

aku masuk kamar, tertunduk lesu. ditutup pintu kamarku yang letaknya berada tepat dihadapan kamarnya. dikunci kamar ini. dan aku membuka lemari. di paling bawah, kuletakkan kamera DSLR nya. ku raba dan aku perhatikan.

aku takut...aku takut jika aku jujur pada Lena. ia tidak akan percaya dan akan memusuhiku...
Ya Tuhan...apa yang harus kulakukan? aku terduduk di lantai bersandar pada dinding yang putih dan diam.

esok pagi. seperti biasa, seluruh wanita di asrama putri ini sibuk. bersiap kuliah. begitu juga aku. aku beranjak. setelah mengikat tali sepatu dan membawa ransel, aku berangkat kuliah.

aku bertemu Lena, dia tidak tampak sedih. senyum selalu menyimpul di wajah manisnya. meskipun aku tahu bagaimana sulitnya perjuangannya untuk mendapatkan kamera itu. ia berada tepat di depanku. aku pandangi bola matanya, ia lebih pendek 3 cm daripada aku. sehingga aku perlu sedikit menunduk saat memandanginya.

layaknya pagi sebelumnya dan seperti tidak terjadi apa-apa. ia menawariku masakannya, tumis sayur kangkung. suasana asrama ini berbeda ketika ada Lena. ia membawa keceriaan dan memberikan berjuta kebaikan untuk kami.

dia kini tersenyum "Jul, nih ada sayur kangkung. mau nyoba?" tanyanya dengan ceria. apa isi hatimu kawan? aku tahu engkau sedang bersedih dan binggung. kenapa engkau masih seperti ini?

aku menolaknya. menoleh ke kiri, dan segera menutup pintu. aku malu padanya. "Gak usah Len. aku buru-buru"

ia terdiam dan tetap tersenyum. "Ya udah, ada di meja makan ya" ujarnya tenang.

aku binggung. apa pikirannya? bisa-bisanya pagi ini ia sudah menyapa setiap pasang mata yang ditemuinya dengan senyum yang menenangkan wajahku namun membuatku tersayat. terluka sangat dalam.

BERSAMBUNG....

Thursday, September 22, 2011

prosa,puisi, sajak. kenapa?

Bismillahirrahmanirrahiim

aku tertarik. cukup. tak lebih.
bagiku tak cukup seribu alasan. mengapa prosa, puisi dan sajak begitu berarti.

yang aku tahu adalah..
ketika aku menulisnya, membacanya,
aku begitu bahagia,
jadi..masihkah penting?
pentingkah kita mempertanyakan kebahagiaan kita?

aku senang.
tak  sekedar tertarik. tapi aku senang.
haruskah aku membuat alasan mengapa aku senang?

amy 21/09/2011

Wednesday, September 21, 2011

Sepotong sajak, bagi yang sedang marah

Bismillahirrahmanirrahiim
barangkali aku bagaikan menghantamkan batu yang besar sehingga wajahmu merah padam. namun aku tahu, saat engkau marah kawan, kau memendam.
mungkin aku terlalu lugu. tak mengerti maksud tulusmu.

jika engkau merasa ucapan maafku terlalu terburu-buru, terlalu kaku atau terlalu mendayu. mungkin engkau akan lebih geram. tapi begitulah aku kawan.

aku mungkin akan diam saat kau pun diam..tapi tak akan kubiarkan kesalahanku menjauhkan
ikatan.

amy 21/09/2011

Gerimis

Bismillahirrahmanirrahiim

gerimis....

gerimis...
rintik..
agak berisik
menggelitik

gerimis...
hangat.
pekat
selalu lekat dan kuat

gerimis...

Bawang

Tumbuh didasar,
sebagai tunas,
menjadi kerdil saat keluar,

harum dan berkembang,
didalam

aku mengagumimu...
bagaimana engkau dan kelompokmu
malu-malu

amy 21/09/2011

Sunday, September 18, 2011

Jalan

Ia penuh luka tapi diam
Ia saksi bisu kehidupan

Rintihan hidup diratapinya,
Tangis kebahagiaan dikaguminya,
kau diinjak,
tak dianggap,

tapi...
apa daya kami tanpamu?
jalan.

amy 19/09/2011

Saturday, September 17, 2011

Lilin

Bismillahirrahmanirrahiim

Lilin....
biarlah aku memandangmu lebih lama,,
biarlah aku melindungimu dari angin
agar kau nyala lebih lama,,
biarlah apimu nyala membara,,

lilin...
saat lampu padam
kau kan nyala

-amy 17/9/2011-

Sunday, September 4, 2011

Beras-Nasi-Ketupat-Lontong-Bubur

Bismillahirrahmanirrahiim...

saya yakin,hampir sebagian besar dari kalian mengetahui bahwa ketupat,lontong, dan bubur bahan dasarnya sama dengan nasi yakni beras.

ya,,
apabila beras dikukus dengan sempurna, di dalam penanak nasi akan menjadi NASI
apabila beras mentah diisi setengah didalam kulit ketupat, dan kemudian dikukus ia akan menjadi KETUPAT
apabila beras telah ditanak setengah matang, kemudian di rebus di air dengan daun atau plastik (plastik ditusuk-tusuk agar udara mudah masuk) akan menjadi LONTONG
dan apabila beras ditanak terlalu lama hingga agak cair akan menjadi BUBUR

jadi...

makna dari perubahan-perubahan ini ialah...

1. LAMA PROSESnya...

kenapa??

perhatikan deh,,

jika seseorang mau membuat nasi tapi terlalu lama hingga lembek dan agak cair,,
apakah nasi itu bisa dikatakan berhasil ??

tentu ia berubah menjadi bubur.

2. PROSES PENGERJAANnya...

liat deh,,

beda 'kan ? proses buat lontong sama nasi...

semuanya sama-sama dari beras,,tapi ketika lontong dan nasi jadi. tekstur keduanya akan berubah..

semuanya sama, tapi akan menimbulkan hasil akhir yang berbeda....

>>>> awal BERAS <<<<<


>>>> NASI <<<<<


>>>> KETUPAT <<<<

>>>> LONTONG <<<<



>>>> BUBUR <<<<



PIZZA


nah, kita semua mungkin udah pada tau pizza. tapi ada yang tau gak, darimana, apa dan kenapa? terus ada yang tau gak resep buatnya.. check this out guys :D


Sumber: wordpress.com
#namany dihilangkan untuk menjaga keindependensian.

nah, diatas adalah gambar sepotong pizza.

1) apa itu PIZZA?

Pizza itu kalo' di Amerika-nya "Pie" lah,,kenapa? karena adonannya hampir sama. hanya Pizza ini dari Italia dan dipanggang diatas oven yang dibakar di bara api, bukan dari listrik.

Jadi gini, Pizza itu berasal dari Italia. adonannya hampir umum, hanya dia berbentuk pipih, dibuletin sampe' lebar, diameternya kira-kira 30 cm. jadi, rasanya beda' karena dia dipanggang di oven bara api bukan di listrik, jadi pizza tidak keras. tapi dalamnya agak lembut.

2) cara buatnya?

kayak adonan biasa, hanya dia dibuletin di alat pembuletan itu, terus dibakar di oven bara api. setelah matang, dicampur toping.

dulu topingnya umumnya kayak sosis. tapi zaman berkembang, ditambahin tomat dan keju.
pizza yang salah satu isinya populer namanya "Peperoni"dia termasuk pizza tapi berasal dari Amerika.

tadinya saya mau review gambar sendiri sama recomended restoran pizza gitu. tapi belum jadi.
oy, FYI. sekarang jg udah ada loh restoran yang PIZZA nya dikembangkan dengan bentuk kotak.

:)






Price Tag

PRICE TAG
by: Jessie J ft. BoB

Okay, Coconut man, Moon Heads and Pea
You ready
Seems like everybody’s got a price,
I wonder how they sleep at night.
When the sale comes first,
And the truth comes second,
Just stop, for a minute and
Smile
Why is everybody so serious
Acting so damn mysterious
Got your shades on your eyes
And your heels so high
That you can’t even have a good time
Everybody look to their left (yeah)
Everybody look to their right (ha)
Can you feel that (yeah)
We’re paying with love tonight
It’s not about the money, money, money
We don’t need your money, money, money
We just wanna make the world dance,
Forget about the Price Tag
Ain’t about the (uh) Cha-Ching Cha-Ching.
Aint about the (yeah) Ba-Bling Ba-Bling
Wanna make the world dance,
Forget about the Price Tag.
Okay!
We need to take it back in time,
When music made us all unite
And it wasn’t low blows and video hoes,
Am I the only one getting tired
Why is everybody so obsessed
Money can’t buy us happiness
Can we all slow down and enjoy right now
Guarantee we’ll be feeling Alright.
Everybody look to their left (yeah)
Everybody look to their right (ha)
Can you feel that (yeah)
We’re paying with love tonight
It’s not about the money, money, money
We don’t need your money, money, money
We just wanna make the world dance,
Forget about the Price Tag
Ain’t about the (uh) Cha-Ching Cha-Ching.
Aint about the (yeah) Ba-Bling Ba-Bling
Wanna make the world dance,
Forget about the Price Tag.
[B.o.B]
Yeah yeah
Well, keep the price tag
And take the cash back
Just give me six strings and a half stACK.
And you can keep the cars
Leave me the garage
And all I..
Yes all I need are keys and guitars
And its with in 30 seconds I’m leaving to Mars
Yeah we leaping across these undefeatable odds
Its like this man, you can’t put a price on the life
We do this for the love so we fight and sacrifice everynight
So we aint gon stumble and fall never
Waiting to see this in the sign of defeat uh uh
So we gon keep everyone moving their feet
So bring back the beat and then everyone sing
It’s not about the money, money, money
We don’t need your money, money, money
We just wanna make the world dance,
Forget about the Price Tag
Ain’t about the (uh) Cha-Ching Cha-Ching.
Aint about the (yeah) Ba-Bling Ba-Bling
Wanna make the world dance,
Forget about the Price Tag.
It’s not about the money, money, money
We don’t need your money, money, money
We just wanna make the world dance,
Forget about the Price Tag
Ain’t about the (uh) Cha-Ching Cha-Ching.
Aint about the (yeah) Ba-Bling Ba-Bling
Wanna make the world dance,
Forget about the Price Tag.
[Jessie J -Outro]
Yeah, yeah
Oo-oooh
Forget about the price tag.